Tes Wawancara PBS UGM

Kenapa gue kasih judul gitu, karena gue percaya tulisan ini akan dihosting jadi tiap biji orang yang nge search di google langsung diberi link ke postingan ini.

Gue daftar UGM (tahun 2010) jalur masuk PBS jurusan Tehnik Elektro. Dan tehnik mesin. Gue daftar on line dan untuk verifikasi nya kolektif sama bu guru tercintah. Tes berlangsung di Labschool Rawamangun. Tes gue lalui dengan tertawa nahan eek.
Soal matematikanya bikin mau muntah, Skolastiknya bikin laper.

(Setelah seminggu berlalu) pengumuman pertama gue tau lewat layanan sms. Itu juga temen gue yang sms in (karena gue takut) . alhamdulillah gue lolos tes awal dan beranjak ke tes selanjutnya yaitu WAWANCARA.

Dag-dig-dug-ser nyiapinnya.
the questions :

1. M nya apa ?
Jangan bingung. Dua interviewer nya baik, santai, gak biikin gugup, friendly. Beliau menanyakan M dari nama gue M. Rasyid Aziz.

2. Tinggal dimana ?
Jawab aja jujur, tetap santai berkelas, elegan, penuh senyum.

3. Kenapa mau kuliah di UGM ?
Ini adalah pertanyaan pamungkas, hampir tiap orang ditanyain beginian. Jawab dengan manis, sedikit merayu dan tunjukkan kalo lu emang niat kuliah di UGM

4. daftar simak UI kan? Ngaku jujur ajah. Kenapa gak kuliah di UI atow ITB kan rumah kamu deket?
Jawab IYAH saya daftar, jujur itu penting, tapi lo harus focus sama tu pertanyaan pamungkas. Lo kembaliin lagi alesannya “seperti yang sudah saya jelaskan di awal, saya ingin kuliah di UGM karena kondisi kota yang kondusif untuk belajar. Dibanding dengan UI atow ITB yang terletak di kota besar dengan pola pergaulan yang sudah mulai menyeleweng. UGM juga top three universitas di INDONESIA (cari referensi peringkat universitas, pilih data yang terbagus dan sebutkan pada interviewernya)

5. selama SMA, kamu ada gak prestasi akademis ?
“saya tidak ada prestasi akademis, tapi saya sudah berusaha dengan semaksimal mungkin, namun saya tidak terpilih untuk mewakili sekolah dalam ajang olimpiade yang diadakan.”

6. UGM kan udah besar, mahasiswanya juga pinter2, nanti kamunya gimana?
Justru baik untuk saya, saya jadi termotivasi dan semangat untuk bersaing secara sehat. (gue jawab dengan serius dan sambil senyum2. tatapan mata harus focus, jangan meleng, tatap terus mata interviewernya.)

7. Ayah kerja di mana?
Jawab aja sesuai dengan keadaan lo

8. udah tau kan biaya PBS, kok mau? Kalo di UI dan ITB berapa?
(gue harap lo tau data masuk UI dan ITB berapa, kalo lo gak tau, akan terlihat kurang bersamangat.)

9. UI kan lebih murah, kok mau di sini?
Jangan dijawab! Lu cukup bilang “saya sudah menjelaskannya tadi pak bu kenapa saya lebih memilih UGM daripada UI, karena waktu gu e diwawancara, pertanyaan yang gue dapet tuh 75% ngetes keseriusan mau kuliah di UGM, gue harap lo gak terpancing oleh pertanyaan2 dari mereka. Lo tetep focus, tapi bawa aja santai.

Untuk wawancara jangan bingung. Kalau outfit, pake ajah yang buat lo paling ganteng. Gak harus pake celana bahan kog, soalnya agak memaksa dilihat kalo emang gak pantes sama badan. Gue gak merekomendasikan sama sekali untuk memakai blue jeans. Soalnya Terlihat mau main.gue memakai kemeja lengan panjang dan jeans hitam, sepatu kets putih. Parfum. Karena agak sedikit bejubel waktu nunggu. Datengnya jangan mepet (gue di interview jam 11.15 dengan sadisnya gue dateng jam setengah sembilan).

Sekarang gue alhamdulillah udah resmi diterima di UGM tehnik Elektro. Waktu daftar ulang tuh singkat banget. Bayar 40 jutaan dalam tempo 4 hari dan harus ke jogja lagi untuk pengembalian berkas.
=selamat yang udah berhasil masuk tes wawancara, kemungkinan untuk diterima amat besar=

7 komentar:

febriana sya baniah mengatakan...

keeren.. :)
congratulation ya ka.

ADA - ADA - AJAH mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Febriana Sya Baniah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

mas mw nanya nih .. denger2 wawancara.nya ada yg pake bhs inggris ? itu nanyain soal apa ya mas ? rencana.nya saya mw ikut PBS ugm nanti januari ..trus sya lihat di web UGM ada kelas akselerasi .. itu maksudnya kelas internasional tah mas ?

mksih sblumnya ...

ADA - ADA - AJAH mengatakan...

buat ANONIM maaf baru dibales,
yang wawancara bhs.Inggris itu biasanya untuk Jurusan IPS, apalagi HI, hampir full bhs.Inggris (sekitar 15menitan), tapi bukan berarti semua jurusan IPS pakai inggris dan jurusan IPA tidak pakai bhs.Inggris.

kalau kelas akselerasi gue kurang tau, untuk yang Internasional ada programnya sendiri. gak semua jurusan ada program Internasionalnya.

ADA - ADA - AJAH mengatakan...

tentang pertanyaannya tidak bisa dipastikan, kebanyakan pertanyaan yang mengulik tentang kepribadian, dan seberapa serius masuk UGM.

teman gue anak FKG, waktu wawancara malah ditanya tentang kebumian gitu (soalnya dia pernah ikut olimpiade geoscience di SMA), ditanya tentang pengalamannya. paling dasar, ditanya kenapa pilih jurusan (yang lo pilih). jangan takut, it was Fun

Ramda Fasha mengatakan...

Kak pnya contacs line/no hp ga?
Aku mu nanya tentang pbs gitu penting bngt pls ka

Poskan Komentar