Perkembangan Teknologi Kelistrikan dan Teknologi Informasi Indonesia

Listrik merupakan sumber energi primer sekarang ini. Perlu disadari, suatu keadaan tanpa listrik konsekuensinya adalah lambatnya semua aspek kehidupan ini berjalan, khususnya yang segmen makro.

Pertumbuhan permintaan akan energi listrik dalam lima tahun terakhir mengalami kenaikan yang signifikan (rata rata di atas 7 %/ tahun). Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan permintaan energi listrik ini harus tetap dipenuhi karena energi listrik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari faktor pendorong investasi dan masih banyaknya masyarakat yang belum menikmati tenaga listrik. Rasio elektrifikasi di Indonesia masih berkisar 65 %. (elektroindonesia.com)

Dengan melihat laju pertumbuhan yang sangat besar dan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang positif, daya yang akan tersedia dalam proyek 10.000 MW tahap I diperkirakan sudah tidak memadai lagi pada akhir tahun 2012. Untuk itu, pemerintah mulai mencanangkan program 10.000 MW tahap II. Pada program 10.000 MW tahap II ini, energi primer pembangkitan sudah bervariasi bahkan energi terbarukan (renewable energy) mendapatkan porsi 70% (7.000 MW). (elektroindonesia.com)
Dalam hal memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga listrik, maka diperlukan suatu perkembangan teknologi untuk memroduksi energi listrik dengan cara yang lebih efisien dan praktis.

Cogeneration adalah teknologi konversi energi yang memproduksi listrik dan uap (termal) secara simultan. Tergantung dari tipe yang dipasang, efisiensi energi keseluruhan cogeneration bisa mencapai 90% (Albisu, 1990). Selain itu instalasi cogeneration di dalam lingkungan pabrik juga akan mengurangi rugi-rugi transmisi. Penerapan sistem cogeneration yang merupakan kombinasi pembangkit tenaga energi panas dan tenaga listrik, disingkat CHP (Combined Heat and Power), sudah mulai dilakukan oleh beberapa industri di lingkungan Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan (IKAH) seperti industri amonia, pulp & kertas, kayu lapis, terutama untuk memenuhi kebutuhan energi panas berupa air panas proses/uap air proses dan listrik dalam jumlah yang besar secara simultan dengan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. (elektroindonesia.com)




Perkembangan Teknologi Listrik berkaitan dengan Perkembangan Teknologi Informasi. Keduanya saling membutuhkan sebagai sarana pengendali dan sumber energi. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.

Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan elife, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, elaboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak hal yang menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak menyenangkan. Sopan santun berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon seluler (ponsel), dan email cenderung terabaikan. Penggunaan teknologi sering tidak memperhatikan etika berkomunikasi.

Kemajuan teknologi perlu perlindungan menyeluruh akan informasi jati diri kita agar tidak disalahgunakan untuk keperluan-keperluan yang mengganggu. Seiring perkembangan TI di masyarakat muncul pula visi dan budaya dalam menggunakan TI. Dari sini potensi salah kaprah atau hal negatif akan muncul karena kurang perhatian terhadap konsep awal penyerapan TI.




M. Rasyid Aziz / 36399
Teknik Elektro - UGM

2 komentar:

Anonim mengatakan...

jay, beres jay tugas FDKnya?
sumbernya dari mana? ;p

a mengatakan...

itu udah dikasih lampiran sumber2nya

Posting Komentar