Spoken

Minggu paling ngga diinginkan buat mahasiswa itu adalah minggu UAS. Capek karena harus kejar tayang (belajar kebut semalem kaya orang nonton wayang). Salah juga sih kenapa juga harus ngebut belajarnya, tapi mau gimana, di hari sebelumnya penuh dengan deadline tugas dan temen yang mau ditanyai untuk belajar juga baru sempet ngajarinnya pas minggu tenang (seminggu sebelum ujian).


Otak berasa panas, kaki lemes, mata pegel minta dipijet, perut mules karena emang dua hari ngga pup. Itulah gejala menjelang ujian. Gue harus mengerti beberapa bab secepatnya yang akan menjadi beberapa soal. Dari empat kali ujian yang pernah gue lalui, jumlah pertanyaan hanya tiga sampai lima soal. Nyesek banget dibandingkan dari materi yang udah dipelajari.


Ini Uas gue yang kedua. IP gue di semester satu ngga bagus. Jadi inilah momentum bagi gue untuk memperbaiki citra ke semua orang. Walaupun gue suka ngupil di kelas, walaupun gue suka ngentut pas temen sebelah gue menguap ngantuk, walaupun gue suka cubit-cubit tangan temen yang lagi serius ngeliatin slide dosen... Dan semua walaupun itu. Gue harus BISA !!



Uas gue telah usai dalam waktu singkat, seminggu, dengan tujuh mata kuliah. Berbeda waktu jaman sekolah, sekarang ujian dua mata kuliah di satu hari sukses banget bikin gue ngelus dada orang. Gue ngerasa ngga pernah cukup waktu untuk belajar.


Usaha udah dilaksanakan, I did my best, sekarang waktunya untuk pasrah, berdoa, untuk hasil yang tidak tahu akan seperti apa.



Biar Ujian yang lo lakuin itu sesuai sama keinginan dan memuaskan, kita harus memaksimalkan semuanya.


Belajar Serius di Kampus


Tiap hari dateng ke kampus jangan Cuma mau ngecengin orang. Apalagi Cuma karena pengen dapet uang jajan dari Ortu. Inget men, orang tua berharap banyak dari kita.


Tiap datang harus siap sama pulpen, buku, dan fisik. Biasanya kita ngantuk karena si dosen cuap cuap. Itu normal, biar ngga ngantuk kita bisa sambil garuk-garuk kepala, cubit-cubit temen di sebelah, sama coel-coel pinggang temen kita yang duduk di depan. Kalo ngobrol ke sesama jenis, please jangan kelamaan, karena Cinta itu datang tiba-tiba.


Dekatlah ke Semua Teman


Walaupun kegiatan kita tiap hari sibuk buk buk karena tugas, organisasi, pacaran, latian basket, atau jualan buat nambah anggaran pacaran tetap Belajarlah sebelum ujian!


Kita harus bisa kenal sama semua teman yang ada di kelas. Jangan pilih-pilih orang dalam berteman, karena kita dasarnya ingin berteman bukan mencari pasangan hidup. Sering-seringlah kita bermanfaat bagi teman, karena saat kita

Kesusahan, bantuan pun akan datang dengan sendirinya walau kadang kita harus meminta, dan yang bisa membantu kita itu adalah teman, itu yang terdekat.


Dengan kita kenal ke temen yang pinter, kita juga bisa minta diajarin tentang materi-materi kuliah yang emang ribet dimengerti. Daripada temen pinter itu jadi rebutan temen lain pas waktu deket ujian, mending kita gunain jauh sebelum ujian dimulai. Sungguh amat bermanfaat bagi diri kita pribadi juga.


Ngenes adalah saat kita punya temen banyak, tapi ngga ada yang ngajak pas ada belajar bareng. Gue pun suka ngenes kaya gini. #CurcolBerat


Manfaatkan Minggu (tidak) Tenang


Di kampus biasanya ada minggu tenang, minggu saat kuliah diliburkan dan biasanya seminggu sebelum ujian. Minggu tenang ini biasanya minggu tersibuk selama kuliah, karena bakalan banyak orang yang ngadain belajar bareng.


Kita harus aktif untuk sms, nelpon, bbm, dan lain - lain supaya update jadwal belajar bareng. Ikutlah sebanyak-banyaknya belajar bareng. Soal-soal pun akan banyak dibahas di sana. Belajar bareng juga bisa menaburkan benih-benih cinta.


Belajar bareng biasanya dilakukan di plaza kampus, tempat lapang dimana banyak mahasiswa bisa lesehan, atau sekedar numpang online di kampus,


Plaza kampus itu biasanya terletak di pusat dari fakultas, kita bisa ngeliat cewe / cowo dari jurusan lain dan itulah saat cinta bisa bertebaran. Kalau bisa dapet ilmu dan pacar baru, kenapa ngga ??


Pokonya belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja (yang pinter)










ketika bingung pas belajar, berusahalah pasang tampang serius






















kalo masih tetep bingung, anggep aja lo ngerti sama apa yang dipelajari





















Kalo tetep ngga bisa, jangan sampai desperate terus berubah orientasi
















Kenali Cara Dosen


Karakter dosen itu macem-macem. Biasanya semakin si dosen itu keren, semakin menyakitkan juga soal yang muncul. Hal yang masih ngga gue mengerti dari perkuliahan adalah dari sekian banyak materi yang dipelajari, soal yang muncul di ujian Cuma ada 5 soal. Soalnya singkat banget, tapi ngejawabnya bisa kaya mengarang bebas.


Itulah jawabannya!!! Dengan begitu kita bisa mengarang bebas kalau ngga tau apa yang mau dijawab. Yeah !! Ehehehe...


Hati-hati dengan dosen yang unik. Karakternya ini kadang lebih parah dari anak yang baru puber. Saat ditanya "Pak, nanti yang keluar dari mana aja?" si dosen Cuma jawab singkat "hemh... Dari situ, pelajari aja"


"Situ mane ?? Kambing deh lo Dosen !!" gue berteriak dalam hati.


Selain cari tau karakter dosen, selalu doain dosen kita yang baik-baik. "semoga Pak Dosen selalu sehat wal afiat. Semoga rezekinya lancar." Dengan doa, kita bisa melatih batin kita dengan baik.


Kadang semuanya berubah setelah jam ujian kita selesai. Setelah ujian, kita keluar dari ruangan dengan wajah seribusatu makna. Abis itu ketawa-ketawa sendiri. Duduk di depan kelas, dateng temen yang lain, abis itu ketawa bareng. Cengengesan kaya kuda tetanus. Selanjutnya lisan kita kurang terjaga


*percakapan tujuh belas taun ke atas*


"ahahaha, bisa ngga lu tadi ?? Gampang kan ?"


"ahaha iya gampang banget kaya Babi !! Koplak banget si dosen ! Katanya ngasih soal yang gitu-gitu aja ! Yang dari tugas - tugas. Tugas udah gue pelajari tapi tetep aja. Kebo banget deh tuh dosen !!"


"Iya ahahaha... Asu tenan."


Siapkan Amunisi yang Banyak


Pelajari semua yang harus dipelajari, dari yang terkecil sampai yang rumit. Untuk mata kuliah yang tipe ujiannya Open Book sebaiknya bawa buku setebel apa pun, print e-book sebanyak apa pun halamannya, print juga slide dari presentasi si Dosen. Semakin banyak bahan yang ada, semakin PD juga kita dalam ujian.


Jangan lupa pelajari dulu, biar ngga bingung nyari halamannya. Semakin banyak amunisi, semakin siap kita dalam ujian dan kita juga bisa nambah pahala pas ujian karena bisa minjemin orang sebelah kita.


DOA


Tiga huruf ini amat penting dalam semua kehidupan pelajar. Buat kita yang ngekos jauh dari keluarga, Doa orang tua itu penting.


Kadang orang begitu bangga punya link dengan orang hebat, tapi menurut gue itu ngga penting !! Link dengan Tuhan itu lah yang Paling Penting.

1 komentar:

FridiGraph mengatakan...

beeh~
quote yang paling akhir, oke punya itu men
hebat2
nice

Salam dari blogger Jogja :)

Posting Komentar