KKN 2013


Akhir semester enam kemarin gue diwajibkan untuk pengabdian masyarakat dari Kampus, yang biasa disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kita wajib di sana dua bulan penuh, jadi terhitung 1 juli - 31 Agustus 2013. Lama bener kan ? iye emang.

Gue KKN di Desa Girikerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Provinsi D.I. Yogyakarta. Kayanya di google maps ada deh. Kita ngerjain program yang fokus ke UMKM, karena di sana sebagian besar penduduknya berlaku ternak Kambing PE atau Peternakan Etawa. Gue baru nemu kambing yang umurnya baru seminggu udah ditawar sampe dua juta perak. Mahal bener yah ? tapi ngga semua kambingnya sih, cuma yang memiliki ciri-ciri tertentu, misal Bagian Kepala warna hitam. Rasis yeh ? iyeh emang. Tapi yang ini kebalikannya, biasanya yang item yang direndahin, tapi yang ini yang item malah yang mahal. 

Di sana juga banyak banget kebon salak. Sayangnya pas deket lebaran kemarin (8 Agustus) lagi ngga musim salak, musimnya bulan november - desember. Nanti pas bulannya kesana lagi aja. hehe.

Program unggulan kelompok (unit) gue itu 'diversifikasi produk olahan susu kambing' tujuannya untuk meningkatkan nilai dari susu kambing tersebut. Kenapa ? karena harga seliter susu kambing yang fresh mahal coy. Jauh lebih mahal dari harga susu sapi. Kalo ngga salah 15 ribuan per liter. Masih fresh ! fresh from the Susu ;p
Desanya itu bisa disebut kaki gunung merapi. Dingin coy! Terakhir gunung merapi meletus itu kapan ? tahun 2010 yah ? Nah pas musibah itu warga di desnya pada ngungsi semua. Seru ye ? Paledut ! kasihan tau. 

Entah kenapa desanya itu dingin banget. Warga setempat aja kalo kemana-mana pake jaket, tidur juga selimutan tebel. Eh kalau tidur ngga tau deh gue, belom pernah ngeliat mereka tidur.

 Selama KKN, gue tinggal di rumah yang udah kosong ditinggal transmigrasi pemiliknya  dari tiga tahun lalu. Rumah seadanya, semampunya, seasiknya. Kelompok (Unit) gue terbagi ke dalam tiga dusun (sub unit). di sub unit gue hiduplah 8 orang cecunguk-cecunguk yang mencoba mewarnai dusun Sukorejo (dusun tempat gue dan teman-teman tinggali).


Kiri: Sandy, Lita, Mia, Anggraini, Bu Istri Ketua Dusun, Pak Ketua Dusun, Devina, Putri, GUE, Irfan

Program unggulan gue : Pengadaan dan Pemasangan Nomor Rumah

Target : 200 rumah

Gue, Sofi, Sadewa

Di sela-sela program dan kegiatan gue juga ditanyain tentang pemasalahan fisika. Adalah salah satu pemuda dusun itu namanya Reni (Panggilannya, nama panjangnya gue ngga tau), dia siswa kelas 2 SMA, punya permasalahan tentang fisika.

Sebelum nanya soal-soal fisika nya ke gue dia bingung, setelah diskusi dan belajar bareng soal - soal fisikanya sama gue semua PR nya selesai tapi ngga tau hasilnya bener apa ngga, yang penting kan selesai. hehehe.

Selama di sana gue juga dikuntitin sama bocah kelas 1 SD, jenis kelamin laki-laki namanya Saiful. Ibu bapaknya selalu manggil dia dengan panggilan 'Adek' atau 'Saiful'. Gue dan anak-anak memanggilnya dengan 'Ipul'. Dunia emang ngga pernah adil. Hobinya dia main game, hape gue selalu diminta untuk dimainin gamenya, kalo kesusahan dia ngedumel sendiri. Maunya main game apa pun, tapi dia lupa, apa pun itu ngga gampang. Kalo ketemu game yang susah dia langsung ngedumel, teriak-teriak ngeluh, garuk-garuk kepala sendiri, dan tiba-tiba telanjang bulet di depan orang lewat depan rumah kita. 



Jilbab biru : Reni, Baju Kuning : Ipul

Hampir dua bulan yang menyenangkan, seru, tak terlupakan, tapi males kalau disuruh ngulang lagi. Oya dan di sana juga sepertinya penuh drama muka dua. ahaha. Biarin lah, yang penting adem ayem.

Thanks to : 
UNIT SLM 13 ! 
Bpk ibu kadus, Bu Sri Kumpul yang jago masak dan suaminya yang jago ngaji dan rajin ke mesjid, Pak RW X (Pak Sunu yang masih melajang), Ketua RT yang kuping kanannya di piercing, Spesial thanks juga buat super duper partner pemuda RW X atau nama kerennya X-Squad atas semua bantuannya dan partisipasinya, mas Kiki, Mas Anang, Rangga Finansia, Arif, Mas dimpil, Mas Hary, dan semuanya anak X-Squad.


1 komentar:

obat herbal penyakit mengatakan...

KKn nya seru banget ka, aku juga bulan januari nanti mau KKN.

Posting Komentar