TES di GMF AeroAsia



Akhir januari gue keluar dari tempat kerja pertama, focus selanjutnya adalah nyari pengganti kantor dan persiapan wisuda. Setelah sidang skripsi bulan Oktober 2014, gue baru bisa wisuda di periode selanjutnya, periode februari 2015. Tanggal berapa ? lupa. Hehe.. 17 Kalo ngga salah, pokonya hari selasa.
Sambil menunggu, gue apply – apply ke perusahaan. Gmf bukan perusahaan baru buat gue. Perusahaan ini adalah perusahaan yang nyaman di dalamnya, membuat gue seakan ingin pulang. Hehehehe… Soalnya waktu itu Kerja Praktik sebulan di sana.
Gue apply, kemudian dipanggil untuk psikotest. Tes di hari sabtu tempatnya di Management Building GMF lt. 3. Dari jam 08.00 s.d. jam 15.00. dari jam 08.00 – 12.00 : Psikotest. jam 13.00-jam 15.00 : tes kemampuan bahasa Inggris. Dari tes pertama ini gue mendapat teman baru, Namanya Putra (T.Material – ITB), dan LLL- gue lupa namanya (T. Penerbangan – ITB) hehe..
- Isi psikotest :
Aritmatika, barisan, deret gitu, kemudian padanan kata, persamaan kata, gambar yang diputer-puter letaknya yang kita harus menentukan gambar. Tes Pauli, tapi ngitungnya/menjumlahkan dari bawah. Ada tes hafalan juga : yang jenis Binatang, Bunga, Kesenian. Kita Cuma dikasih soal : Huruf depan “A” adalah masuk ke dalam jenis …..
Tes Kemampuan Bhs. Inggris :
Soalnya banyak, tapi menurut gue seperti Toeic, ngga sesusah kalo kita ngerjain Toefl apalagi IELTS..Waktu tes kemarin diawali dengan Listening section yang soalnya ada 100 biji -,- Pinjem aja buku temen yang toeic, bisa latihan di sana, latihan di listening sectionnya deh. Menurut gue poinnya lumayan banyak (menurut gue sih, soalnya 100 soal sendiri). Sedangkan 100 soal berikutnya dibagi-bagi structure, reading. Seinget gue 200 soal lho yaa.. Lembaga penyelenggaranya kayanya kerja sama dengan UI. Soalnya di lembar jawabannya ada logonya UI. Hehe.
Nanti di awal dikasih pengarahan sama Mba Berlian.  Ibu-ibu psikolognya sepintas mirip artis, kaya Tika Pangabean. Namanya ? lupa.
Gue dites untuk posisi PEN : Profesional Engineer. Proses di GMF ini serba seminggu. Gue tes di hari sabtu, diumumin di hari rabu/kamis, supaya jumatnya bisa tes.
-        - Interview Psikolog
Gue kembali lagi Ke GMF untuk interview Psikolog, masih dengan ibu yang minggu lalu membimbing di psikotest. Lama tes ini Cuma setengah jam. Kerasanya cepet banget. Beneran!
Pertanyaannya : Nanya lingkungan keluarga, bagaimana peran kita di keluarga, pengalaman organisasi : masalah apa yang pernah dihadapi dan cara menanganinnya, Bagaimana mengatur orang, bagaimana beradaptasi di lingkungan baru dengan lingkungan yang isinya orang-orang dari berbagai latar belakang daerah.
Kenapa milih GMF ? sama gue ditanyain kenapa keluar dari kantor sebelumnya ? Apa motivasimu dalam berkegiatan?
-          -  Interview User
Seperti biasa, nunggu beberapa hari untuk pengumuman lalu interview user. Alhamdulillah gue menunggunya dengan berkegiatan. Gue wisudaan. Hehe. Habis interview psikolog, besoknya ke Jogja sampai hari rabu siang. Kemudian ke purwokerto, dan pulang bekasi hari kamis pagi.  Sampai rumah kamis sore, Jumat jam 10 harus di GMF lagi. Masih kerasa capeknya karena wisudaan itu repot persiapannya dan prosesnya, dan nyetir sendiri pas pulang ke bekasinya.
Interview user durasinya sekitar satu jam-an. Persisnya gatau. Gue masih bareng lagi dengan Putra, temennya itu ngga lolos di psikotest 1. Kita berhadapan dengan 2 orang : 1 dari Human Capital, 1 dari Engineering.
Kenapa ada orang HC ? karena bisa jadi nanti kita ditempatin di divisi lain, GMF aware sama “Right Man in the Right Place”
Pertama perkenalan dan sedikit penjelasan kenapa kita milih GMF : in English!
Jelasin kita siapa, anak keberapa, bapak ibu kerja apa, adeknya umur berapa dan sekolah dimana, Hoby kita apa, kenapa kita suka hoby itu ?
Selanjuntnya user : teknis! Gue adalah kandidat yang pernah KP di sana, jadi pertanyaannya seputar KP. Diulas lagi, ditanya-tanya lagi. Putra belom pernah KP di sana, pertanyaan seputar aviasinya ngga banyak, dia malah dijelasin tentang engine pesawat. Dia ditanya tentang TA nya apa, KP nya dulu dimana dan ngapain, dan hubungannya dengan PEsawat apa ? apa yang bisa diberikan buat GMF? Sebagian besar pengin tau ketertarikan kita pada dunia Aviasi dan ngerti apa tentang dunia aviasi ? SOalnya yang tes pun ngga banyak yang berlatar belakang dari penerbangan.
Kemudian ditanya juga aktivitas kita di kampus, pengalaman organisasi, pemecahan masalah atas problem yang pernah dihadapi.
Di akhir interview gue ditanyain “ Kamu mau ngga ditempatin di Marketing? Soalnya cara bicara kamu bagus nih. Gimana nih Pak ? Diambil lagi nih kandidatnya hehehe”
Gue dengan reflek bilang “Mau Pak.” Jawaban ini yang bikin gue deg-degan seminggu. SOalnya takutnya keseriusan kita lagi diuji. Jawabannya kurang diplomatis. Harusnya jawab “Bapak tahu yang terbaik buat saya, bagaimana karakter yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, saya siap saja ditempatkan di mana saja selagi saya bisa berkontribusi dengan seluruh kemampuan saya.”
Lagi-lagi yang penting adalah gimana kita mengendalikan diri kita, tetap tenang, sambut pertanyaan dari sang interviewer dengan senyuman. Sesekali ikut dalam bercandaan mereka. Dan bertanya balik juga tidak salah. Sesi wawancara itu ternyata dua arah. Ngga harus pertanyaan yg serius kok, misalnya ketika kemarin Bapaknya Bertanya “Kamu Elektro 2010 ya? Wisuda Februari? Kamu kenal A anak FKG ngga?” … “Wah ngga kenal Pak.” … “Dia wisuda November 2014.” … “Dia Keponakan bapak ya Pak?” … “Dia anak saya mas.” … “Oh anak bapak hehe. Saya ngga kenal Pak, mungkin bisa kenalan besok-lusa. Hehe..” … “Kan biasanya anak teknik nongkrong di FK / FKG. Ya kan mas ? hehe” … “hehehe. Tapi kita minder Pak, kita kuliah pakai jeans, jaket yang kadang dicuci sebulan sekali, di Fk/FKG kan serius terus kayanya Pak. Hehehe”
-          - Medical Examination
Habis Interview user hari jumat, Pengumumannya langsung 2 jam kemudian. Asik ya? Hehe.. Alhamdulillah melaju ke babak berikutnya, Medical Check Up. LAgi-lagi keresahan tentang berat badan muncul. Hehe takutnya GMF anti juga sama orang kelebihan berat badan, tapi jalani aja.
Gue Medex di Jogja, karena gue juga lagi proses seleksi perusahaan lain. Jadinya gue Medex di Lab Cito Jogja.
Tes darah : kolesterol, trigliserida, fungsi hati dll
Sample : Urin dan Feses.
Fisik : berat badan, tinggi badan, tekanan darah, EKG (rekam jantung), Turunin celana lagi (ambeien), Mata (plus/minus), Gigi.
-          - Pantuhir (pantauan Akhir) dengan DIreksi
Ibarat main game ada lawan raja terakhir, di step ini gue merasakan kaya gitu. Lawan 3 orang : 1 orang HC, 1 Executive VP, 1 VP Line Maintenance.
Bahasa Inggris di awal : diri sendiri, jelasin TA, kenapa milih GMF, apa yang membuat ingin di sini, apa yang membuat GMF harus menerima. Dan beberapa pertanyaan yang dijawabnya juga pakai bhs. Inggris.
Di sini ngomongin teknisnya sedikit, tapi lebih ke non teknis/kepribadian. Ditanya achievement kamu bagaimana? Bagaimana menurutmu tentang kuliah yg udah dilewati? Sama GMF Values, ditanya integritas, professional, team work? Bagaimana memotivasi diri.
Katanya sih orang yang bisa melewati Pantuhir dengan biasa aja, kesempatan diterimanya tinggi. Faktanya begitu. Ngga usah bisa jawab yang sehebat mungkin, yang penting bisa tergambarkan kalo kita itu nurut atasan dan orangnya ngga aneh-aneh, bukan orang pembangkang dan mau mestimulus diri kita untuk terus belajar Hehehe..
Alhamdulillah semua proses telah dilalui dan berhasil diterima di GMF AeroAsia, proses selanjutnya sign kontrak….
Tapi setelah dipikir-pikir dan diskusi dengan keluarga dan teman.. Akhirnya gue sign kontrak untuk perusahaan lain, tempat gue berkarya sekarang. Wijaya Karya Bangunan Gedung (Wika Gedung).

13 komentar:

Yoeckoe's Blog ( Hiimawan ) mengatakan...

kenapa nggak di ambil bang? wahhh

Vitto Rizcher mengatakan...

bang mau nanya nih saya mahasiswa salah satu perguruan tinggi di jakarta dan ingin kerja praktik disana kira-kira kita disana pas kerja praktik ngapain aja ya? soalnya ada yg komentar negatif makasih sblmnya ehehe

Unknown mengatakan...

yah sayang banget tuh dilepas.
ribuan orang pengen masuk sana :(

Kornelius Sitepu mengatakan...

Aku juga ninggalin GMF nih kak, udh nyampe pantukhir. Dan memilih IP (Indonesia Power)

Kornelius Sitepu mengatakan...

Aku juga ninggalin GMF nih kak, udh nyampe pantukhir. Dan memilih IP (Indonesia Power)

Rama mengatakan...

Kak, boleh tanya bagaimana masuk magang di GMF ?
Semoga kaka mau sharing ilmunya ke saya.
Line saya : sayramajr

Anonim mengatakan...

keren kak, sya sedang nunggu hasil MCU nya. doakan saya spy bisa berkarya di GMF Aero Asia

Anonim mengatakan...

Biar ane tebak., mungkin atas ane apply posisi teknisi cabin?

Millia Eka Shanti mengatakan...

Kak, titip info ya. Jika ada yg butuh kos, masih ada kamar di Aero Residence. Fasilitas/kamar itu ac, kamar mandi dalam, springbed, lemari dan cuci strika. Tersedia wifi dan tv kabel di ruang tv, dapur, carport. Harga sewa/kamar/bulan 1.1jt. Lokasi ada diseberang pintu m1, di komplek bandaramas dekat dengan gmf. Hubungi 0856 9119 0750 atau 0812 965 7844. Terima kasih.

Millia Eka Shanti mengatakan...

Kak, titip info ya. Jika ada yg butuh kos, masih ada kamar di Aero Residence. Fasilitas/kamar itu ac, kamar mandi dalam, springbed, lemari dan cuci strika. Tersedia wifi dan tv kabel di ruang tv, dapur, carport. Harga sewa/kamar/bulan 1.1jt. Lokasi ada diseberang pintu m1, di komplek bandaramas dekat dengan gmf. Hubungi 0856 9119 0750 atau 0812 965 7844. Terima kasih.

PAk JUSTAN DI BATANG mengatakan...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Anonim mengatakan...

Kak, titip info ya. Jika ada yg butuh kos, masih ada kamar di Aero Residence. Fasilitas/kamar itu ac, kamar mandi dalam, springbed, lemari dan cuci strika. Tersedia wifi dan tv kabel di ruang tv, dapur, carport. Harga sewa/kamar/bulan 1.1jt. Lokasi ada diseberang pintu m1, di komplek bandaramas dekat dengan gmf. Hubungi 0812 1010 976. Terima kasih.

Sudyatmika Putra mengatakan...

Gan, itu testnya di gmf ada test matanya gak? Seperti test minus dan buta warna?

Posting Komentar