Tes di Pamapersada Nusantara (PAMA) - #2


Interview user yang gue lakukan adalah 5 orang kandidat. Dari ribuan orang yang daftar, jadi 5 orang untuk sampai interview user ini. Interviewernya ada dua orang, untuk CPSD, gue kemarin itu diinterview oleh Pak Budhi Karyadi, dan Pak Adhi. Lo ngga akan ketemu Pak Adhi lagi karena beliau dimutasi untuk jadi Div Head di Asmin (salah satu anak perusahaan Pama).
Setelah interview user di akhir sesi, gue ditemukan oleh Pak Ari S. beliau Divisi Head (sebut saja GM). DI san ague ditanyain hal yang umum :
1. Rumahmu di bekasi, Kenapa sih kalo ke arah bekasi gitu suka ada anak pada tawuran?
2. Apa yang bikin orang pengin tawuran?
3. IPK mu 3.20, itu rata-rata apa gimana ? ada ngga temen kamu yang lebih buruk ipk nya ? kenapa dia bisa lebih rendah dari kamu?

-  Interview Direksi
Gue interview user hari rabu. Besoknya langsung ditelepon untuk ikut interview direksi esok harinya. Bingung ngga lo ? hehe. Tes user hari rabu, Hari kamis ditelepon, Hari jumat interview direksi, Jam 08.00 di Gedung Pama Kawasan JIEP pulogadung.

Dari 5 orang yang interview user lalu, yang dateng Cuma 3 orang, It means 2 man have failed. Kita bertiga, ada gue, Gatot (Mercubuana Jakarta-Kelas Karyawan), sama Ari (STT PLN).

Kalau pas interview user kemarin itu 2+1 lawan 1,sekarang kita yang bertiga lawan satu. Direksinya yang diutus adalah VP dari Pamapersada, namanya ? Pak Dwi Priyadi. Perawakannya besar dan tinggi, tegas, ngga suka anak yang mencle-mencle.. Tau kapten basketnya Shohoku ? Mungkin kalau tua seperti beliau. Tetap berwibawa.

Pertemuan kami dengan beliau berlangsung cepat, ya kira-kira setengah jam aja buat semua. Pada sesi ini yang terpenting adalah mental, dan menjawab tepat ke sasaran. Kalau di user kita bisa menjabarkan jawaban lewat cerita, di sini ngga mungkin. Ya mungkin karena VP, orang penting waktunya sedikit.

Posisi duduk waktu itu : Gue, Ari, Gatot. Gue adalah orang yg paling pinggir. Menurut sebagian orang posisi duduk itu mempengaruhi, Karena pertanyaannya akan seragam, ketika kita dapet ditanya terakhir, dan ternyata jawabannya sama, akan tertuduh sebagai copy-paste jawaban. Jadi putarlah otak secepat mungkin. Hehehe Pada saat itu, gue lah orang pertama yang menjawab. Bebas! Hehe..
Pertanyaan :

#1. Kita ditanyai semua dari kampus mana, ipk berapa, jurusan apa. Beliau menulis singkat di catetannya.

#2. Pertanyaan personal :

Mas Aziz, Anda dari UGM ya ? IPK mu Cuma 3,20, yang lain bagus-bagus (Ari : 3,35, Gatot: 3,4an). Kamu goblok ya di kampus ?
“Alhamdulillah saya 3,20, saya pernah jatuh prestasinya di awal-awal semester, IPK saya pernah 2,4 dan beberapa kali di bawah 3, tapi saya usaha terus untuk paling tidak lulus dengan iPK di atas 3, Alhadulillah saya bisa lulus di tahun 2014, dengan 3,20 dan pengalaman organisasi dari tingkat jurusan, fakultas, dan universitas.”
Emang apa sih yang susah dari elektro ? kan Cuma relay gitu, proteksi, short circuit, gampang gitu kok ah, kenapa segitu ? kamu males ya ? Emang berapa mata kuliah yang diulang ? apa aja emang?(Denger-denger beliau alumni dari Elektro ITB, ya ngerti listrik lah)
“6 mata kuliah pak. (Sebenernya sih lebih dari 6, Cuma entah kenapa mulut gue ngucapnya 6). Ada matematika teknik, pemrograman dasar, teknik proteksi, lalala… Sebagaian besar yang saya ulang adalah mata kuliah di semester awal, karena untuk mengulang ketertinggalan saya saat itu Pak.”
Bapakmu kerja apa ? ibumu? Punya adik berapa ?
“Bapak saya di Medco Pak, Ibu saya di rumah, adik saya SMA kelas 2..”
Kalian yakin mau di tambang ? terus ini kan CPSD ya, kerjanya bakal ngga sesuai latar belakang kalian, ga ada hubungannya sama elektro, atau mesin (Si Gatot dari T. Mesin). Terus gimana ?  Apa mau kalian dipindah aja ke EPN (energia prima Nusantara-anak perusahaan pama yg bergerak di energy provider) di EPN kan pembangkit listrik, butuh banyak tnega kya kalian, ngga mau di sana aja, di CPSD banyak soft skillnya ?
Untuk [ertanyaan ini, jangan terkecoh, yang diingini adalah orang yang pendiriannya kuat. Jadi stay aja ke posisi yang sedang dijalani tes sekarang. Gue tes sebagai CPSD, ya harus stay terus di CPSD, jangan tergiur dengan tawarannya.
Yaudah, sekarang tulis nomer hp saya, sama email saya, tulis essay kalian tentang Rencana kalian ke depan berkarya di perusahaan tambang, 1 essay lagi gue lupa tentang apa. Hehehe. Dikirim max besok siang. (jangan nanya jam berapa, kirim aja sebelum siang)
Beberapa tanggapan dari pertanyaan yang gue inget yang ditanyakan ke Ari sama Gatot :
IPK mu 3,3, berapa mata kuliah yg diulang ?
Ari: “3 Pak” | Oh Cuma 3, STT PLN itu dimana sih ? yg gedungnya jelek itu ya ?
Gatot : “Ngga ada Pak” | Oh Dosennya males ya jadi nilainya dikasih gampang gitu ?  itu kampusmu yang dosennya gampang ngasih nilai ya ? yang kalau dikasih bingkisan sm mahasiswanya terus nilainya bagus ?
InI kalau diliat dari IPK mu, kamu yang paling bodoh mas (bapaknya menatap ke gue), ini gimana mas?
Gue : “Kalau menurut bapak begitu,tidak apa-apa Pak, saya bersyukur dengan apa yang telah saya dapat sekarang, saya menikmati proses mendapatkannya dan saya bersyukur bisa belajar di salah satu kampus terbaik di Indonesia ;D”
Kalau di kampus kalian ada akses buat jurnal internasional gitu ngga sih ?
Gatot : ngga ada Pak
Ari : ngga ada Pak.
Gue : Ada pak, Alhamdulillah kampus kami berlangganan akses IEEE sejak lama. | Jadi saya bisa mengaksesnya ? | “Mohon maaf tidak bisa pak, saya yang bisa pak, saya yang punya ID dan passwordnya ;D”
Jumat pagi gue submit tugas yang beliau berikan, sekitar jumat sore gue ditelp untuk melakuan MCU. Saat itu gue aka nada acara keluarga di Purwokerto, jadi gue minta di MCU di sana, kemudian dibolehkan, kemudian gue cek di Prodia Purwokerto,
-          Medical Check Up
Untuk MCU hampir lengkap pemeriksaaannya
Gue dateng kemudian diambil darahnya : kolesterol, trigliserida, asam urat, fungsi hati, dll
Kemudian mata : cek buta warna, minus-plus.
Pemeriksaan fisik : tekanan darah, detak jantung, tinggi badan: 180, berat badan : 97 kg. hahaha..diliat bekas luka atau bekas operasi, terus lepas celana : diperiksa anus sama alat kelamin
Pemeriksaan telinga : jadi masuk ke kotak gitu, duduk sambil pakai headset, terus dikasih stick gtu, kalau denger suara kita nekan tombol.
Rontgen dada, terus menghitung kapasitas paru-paru.. kita narik nafas panjang, teru ngeluarin lewat selang gitu.. Sama periksa gigi.
-          Sign Kontrak
2 Minggu setelah MCU, gue ditelp untuk melakukan sign kontrak. Alhamdulillah gue bisa melewatkan semua proses, bisa tercapai cita-cita bekerja sebelum wisuda, dan bisa menunjukan ke orang tua kalau gue ngga bego-bego banget. Gue yang idealnya wisuda di bulan agustus 2014, baru bisa sidang skripsi tanggal 9 bulan 10 tahun 2014.
Gue melakukan tanda tangan kontrak tanggal 8 Desember 2014 dan langsung mulai kerja. Kita sign kontrak berlima untuk divisi yang berbeda. Ada Mada : General Service (SV T. Mesin UGM 2011), Angga : Plant (T. Mesin ITB 2010), Depi (cowo): Supply Mgt. (Polban T. Mesin 2011), Yogi : FAT(finance) (PNJ akuntansi 2011), dan gue. Gue berbisik dalam hati, berarti dari 3 orang kemarin, yang keterima hari ini Cuma gue. Alhamdulillah.
Tapi ternyata ngga, si Gatot masuk 4 hari kemudian, dia diberikan kesempatan kedua untuk MCU, memang dikasih kesempatan kedua untuk memperbaiki kesehatan, kategorinya yang gimana ? gue juga ngga tahu.
Gue menulis ini tanggal 17 Mei 2015. Sekarang gue di Bandung karena ada proyek di Bio Farma.YA. gue ngga ngantor lagi di Pama.. Dari 5 orang yg sign kontrak bareng, tinggal tersisa 2 yang masih aktif, si Mada dan Yogi. Gue, Angga, dan Depi resign. Gue dan Angga akhirnya ditempatkan di site yang sama, site Adaro – Tanjung, Kalimantan Selatan. Angga bisa bertahan 2 bulan lebih, gue Cuma dua minggu. Hahaha….satu setengah bulan sebelumnya gue di kantor Jakarta untuk training. Gue telah merasakan 2x gajian. Alhamdulillah.
Kenapa ? simple, ngga cocok aja. Kerja itu berkaitan dengan pengembangan diri, kerja otak yang terus dinamis, ketika gue ngga bisa berkembang dan tidak bekerja, gue jadi depresi. Ya, benar-benar depresi, berat badan gue turun 3 kg, gue lebih memilih di rumah aja, menyendiri sambil semuanya kembali dengan sendirinya (setelah gue pulang ke rumah lagi).
Angga mendapatkan tekanan di tempat kerjanya. Keras. Ehehe.. Sampai akhirnya dia bilang “Orang yang laku di pasaran, ya lama-lama kesel juga diginiin.”
Depi resign karena tenyata dia jadi sakit, tapi Alhamdulillah udah sembuh. Terakhir gue hubungi lewat Whatsap kenapa dia resign, jawabnya bijak sekali “Mungkin Alloh punya rencana lain Zis”
Terima kasih buat PT. Pamapersada Nusantara yang telah menjadikan kami karyawanmu selama beberapa saat, terima kasih telah memberikan kami penghasilan dan pengalaman pertama bekerja secara professional. Maafkan kami tidak bisa melanjutkan program FGDP sebelum waktunya berakhir, dan terima kasih tidak menuntut penalty kepada kami. 

3 komentar:

Hadyan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Mas ada kontak yg bisa dihubungi? Saya sedang di fase 4 paragraf terakhir mas. Thanks.

Unknown mengatakan...

terima kasih atas informasi yang sangat membantu, sukses terus buat masnya

Posting Komentar